Anda Ingin Cepat Menunaikan Ibadah Umrah? Yuk Coba 5 Hal Ini

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 19 Januari 2024, 18:00:52

Bagi seorang muslim, berangkat ibadah umrah adalah cita-cita yang selalu ada dalam pikiran. Mengingat sekarang ini untuk melakukan haji memerlukan biaya yang tidak murah dan waktu tunggu yang tidak sebentar, umrah menjadi solusi untuk mereka yang sudah memimpikan ingin pergi ke tanah suci.

Tetapi, cita-cita saja tidak akan terealisasi apabila Anda tidak memulai memantaskan diri untuk berangkat beribadah umrah. Utamanya soal keuangan. Apabila tidak ada tujuan yang jelas kapan Anda akan melaksanakan ibadah umroh, Anda tidak akan pernah menyiapkan tabungan khusus untuk umrah. Lalu, bagaimana cara agar segera berangkat ibadah umrah apabila keinginan Anda sudah menggebu-gebu? Tenang, kami akan memberikan kiatnya buat Anda. Berikut tipsnya!

piggy-bank-968302_1280.jpg

Image by Steve Buissinne from Pixabay 

1) Berniat Kuat-kuat

Jika Anda ingin segera menunaikan ibadah umrah, pasanglah niat kuat supaya Anda bisa segera berangkat ke Baitullah. Banyak orang muslim yang secara keuangan mampu melakukan ibadah umrah, tapi mereka tidak memiliki niat untuk umrah, lho!

Mungkin karena dari sisi spiritualnya kurang mendapat masukan tentang pentingnya ibadah umrah, atau memang mereka memilih untuk mengejar hal-hal yang bersifat duniawi contohnya memiliki rumah impian, mobil, pakaian, perabotan, menekuni hobi, travelling dan seterusnya.

Oleh karena itu, Anda termasuk kategori orang yang beruntung ketika Anda punya niatan untuk umrah. Bahkan, Anda tidak memiliki tabungan berlebih untuk umrah, tapi karena niat yang kuat, bukan tak mungkin Anda dapat berangkat ibadah umrah duluan dibandingkan dengan mereka yang punya banyak uang|memiliki kelebihan harta|kaya) tapi tidak memiliki niat umrah. Jadi, niat yang kuat adalah modal agar Anda bisa mencari jalan keluar untuk merealisasikan keinginan Anda berangkat umroh dengan cepat. Miliki keyakinan sepenuh hati bahwa Anda MAMPU untuk ibadah umrah, atas seizin Allah.

2)  Cari Info Selengkapnya Tentang Ibadah Umrah

Tips kedua yang dapat Anda coba untuk bisa cepat menunaikan adalah dengan mempelajari tentang umrah. Mulai dari rukun, apa saja doanya, persiapannya, manasiknya, dan semua hal yang berkaitan dengan umrah. Lalu, yang tidak kalah pentingnya adalah Anda harus mencari tahu tentang biro jasa travel umrah yang amanah untuk mengurus keberangkatan Anda ke Baitullah. Anda bisa mencarinya sendiri via online, menimbangnya dengan beberapa travel umrah lain, atau bisa juga minta rekomendasi keluarga dan relasi yang sudah pernah berangkat umrah.

tablet-1075790_1280.jpg

Image by Niek Verlaan from Pixabay

Anda juga dapat mencari informasi terkait umrah dengan cara bertukar pendapat dengan sahabat, keluarga atau berkonsultasi dengan para ustad yang Anda percaya. Semakin Anda menggali informasi tentang umrah, maka Anda telah memancarkan getaran yang kuat ke alam semesta bahwa Anda siap menerima undangan ke Baitullah dari Allah SWT. Ini juga proses agar bisa cepat sampai tujuan lho!

3) Menyiapkan Dana Tabungan Khusus Umrah

Untuk Anda yang belum punya dana khusus untuk berangkat umrah, tenang saja. Anda bisa memulai menabung untuk biaya umrah sekarang juga. Yang perlu Anda lakukan adalah mengurus pembukaan tabungan umrah dan ikhtiar untuk disiplin menabung. Targetkan kapan keberangkatan umrah Anda. Anda harus menentukan target kapan Anda akan berangkat ibadah umrah, agar ada motivasi untuk merealisasikan target tersebut.

Misalnya, Anda berkeinginan untuk berangkat ibadah umrah 3 tahun lagi. Biaya umrah dan lain-lainnya sekitar 30-35 juta rupiah. Maka, dengan gaji misalnya 3 juta tiap bulan, Anda harus bisa menganggarkan sekitar 1 juta setiap bulan untuk bisa berangkat ibadah umrah. Kurun waktu 3 tahun (36 bulan) Anda akan memiliki dana sejumlah 36 juta rupiah. Cukup realistis, bukan? Anda bisa sesuaikan dengan kondisi finansial Anda masing-masing. Jika ingin lebih cepat lagi, Anda bisa memanfaatkan dana talangan umrah dari bank atau lembaga keuangan sejenis.

4) Mohon Restu Kedua Orang Tua

Ini merupakan ikhtiar langit yang dapat Anda terapkan sebagai jalan pintas melaksanakan umrah. Sudah cukup banyak yang membuktikan cara ini, dengan ridho dari kedua orangtua atau mertua, niat untuk berangkat ibadah umrah akan lebih segera terealisasi. Ingat kan, kalau ridho Allah terletak pada ridho orangtua?

Ungkapkan keseriusan jika Anda ingin beribadah umrah, bahagiakan kedua orang tua Anda, buat hati keduanya bahagia dan mereka pun akan dengan ikhlas mendoakan Anda supaya bisa melaksanakan umrah.

5) Cerdas Memilih Umrah Hemat yang Berkualitas

Cara melaksanakan umrah hemat saat ini bermacam-macam. Ada yang memilih melalui cara umrah backpacker, ada pula yang memilih mengikuti paket umrah di waktu off peak season supaya mendapat potongan harga yang lumayan. Selain itu, booking paket umrah secara kolektif juga dapat dijajal untuk mendapatkan potongan harga dari biro umrah, sehingga ibadah umrah Anda jadi lebih menghemat biaya tanpa mengurangi kualitas pelayanannya.

Chat Dengan Kami
built with : https://safar.co.id